Refleksi Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara - Pembekalan CPP 11 hari kedua
pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul
1.1 adalah filosofi tentang Ki Hajar Dewantara dan mengingatkan
kembali terkait Pendidikan Zaman Kolonial yang menjadi langkah awal kita
melihat perjalanan pendidikan Indonesia sebelum kemerdekaan dan peran sekolah
Taman Siswa
yang akan
dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP yakni
mengajak berkolaborasi, memberikan bimbingan dan arahan membersamai terkait modul dan
aksi nyata yang CGP lakukan
pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.2 yakni
1. memahami bahwa manusia memiliki daya untuk memilih (choice theory)
2. memahami pentingnya menumbuhkan motivasi intrinsik
3. memahami bagaimana otak triune, kebutuhan dasar manusia, dan perkembangan
psikososial mempengaruhi bagaimana nilai-nilai tumbuh dalam diri seseorang
4. memahami bagaimana nilai-nilai Guru Penggerak dapat menguatkan peran Guru
Penggerak dalam membawakan perubahan pada ekosistem sekolah
5. mengadopsi kebiasaan reflektif sebagai Guru Penggerak
2. memahami pentingnya menumbuhkan motivasi intrinsik
3. memahami bagaimana otak triune, kebutuhan dasar manusia, dan perkembangan
psikososial mempengaruhi bagaimana nilai-nilai tumbuh dalam diri seseorang
4. memahami bagaimana nilai-nilai Guru Penggerak dapat menguatkan peran Guru
Penggerak dalam membawakan perubahan pada ekosistem sekolah
5. mengadopsi kebiasaan reflektif sebagai Guru Penggerak
yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP yakni membersamai untuk memahami hakikat nilai dan guru penggerak mengeksplorasi mengapa dan bagaimana nilai-nilai dan peran seorang Guru Penggerak
mampu menumbuhkan sekolah dan ekosistem pendidikan agar berpihak pada murid
mampu menumbuhkan sekolah dan ekosistem pendidikan agar berpihak pada murid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar